Blog Belajar Excel Berisi Kumpulan Rumus Rumus Excel Seperti Formula Penjumlahan, Perkalian, Pembagian, Persentase Secara Free. Sobat bisa Download Tutorial Microsoft Excel PDF 2007, 2010 dan 2013 disini

Mempelajari Microsoft Excel 2007, Ini Dia Materi Lengkapnya

Jika sebelumnya kita sudah berkenalan dengan aplikasi microsoft excel, kita lanjutkan sedikit pembahasan secara teori mempelajari microsoft excel 2007 yang saat ini masih cukup ramai dipakai oleh pengguna komputer diberbagai tempat, meski sudah ada versi terbaru di excel 2010 dan 2013 aplikasi excel 2007 masih mendapatkan tempat yang baik di kalangan user sendiri.

Materi Excel yang kita bahas kali ini ringan ringan saja, kita mulai dari tampilan microsoft excel 2007 sebagai berikut :

Tampilan Ms Excel 2007
Tampilan Lembar Kerja Excel 2007
Dan berikut tampilan halaman kerja Excel lengkap dengan keterangan :

Tampilan Excel + Menu (Klik Untuk Memperbesar)

Berikut Penjelasan Fungsi Menu dari Tampilan Diatas :
NO
Nama
Fungsi
1
Office Button
Office button atau tombol office terletak di sudut kiri jendela Microsoft Excel.
2
Quick Access Toolbar
Quick access toolbar terletak di sebelah kiri atas yang berisi sejumlah tombol akses cepat yang sering digunakan, misalnya save, undo, dan redo.
3
Baris Judul
Baris judul terletak di tengah atas jendela Microsoft Excel 2007. Baris judul berguna untuk menampilkan nama progran dan nama file dokumen yang sedang aktif.
4
Kontrol Jendela
Tombol pengatur ukuran jendela terletak di sebelah kanan atas jendela Microsoft Excel 2007. Tombol pengatur ukuran jendela terdiri dari tombol minimize, restore, maximize, danclose.
5
Ribbon
Seperti pada Microsoft Word 2007, pada Microsoft Excel 2007 pun terdapat ribbon. Ribbon terdiri dari tab-tab yang berisi tombol-tombol perintah Microsoft Excel 2007.
6
Tombol Dialog
Tombol dialog adalah tombol yang digunakan untuk membuka kotak dialog serta memodifikasi perintah-perintah yang ada di dalamnya.
7
Baris Rumus
Baris rumus terletak di atas sel. Baris rumus menampilkan isi sel yang sedang aktif pada sebuah lembar kerja.
8
Baris dan Kolom
Baris (row) terdiri dari sel-sel yang tersusun secara horizontal. Baris dimulai dari angka 1, 2, 3, sampai 65536. Kolom (Column) terdiri dari sel-sel yang tersusun secara vertikal. Kolom dimulai dari A, B, C, sampai Z, kemudian AA, AB, AC, sampai AZ, dan seterusnya sampai IV. Sehingga jumlah kolom dalam sebuah lembar kerja adalah 256 kolom.
9
Sel
Sel merupakan perpotongan antara
kolom dengan baris. Nama sel diambil
dari posisi perpotongan kolom dan baris
tersebut, misalnya sel D5, artinya sel
perpotongan antara kolom D dan baris
ke 5.
10
Range
Range adalah kumpulan dari beberapa sel terpilih. Nama range diambil dari alamat sel pertama dan alamat sel terakhir yang digabungkan dengan tanda titik dua.
11
Lembar kerja (Worksheet)
Lembar kerja terdiri dari kolom dan baris serta sel tempat kita akan memasukkan data.
12
Tab Sheet
Tab sheet atau tab lembar kerja berada di bawah sebelah kiri. Tab lembar kerja pada Excel ditulis Sheet1, Sheet2, dan Sheet3, kita dapat menambah, memberi nama, menyalin, memindahkan, dan menghapus tab Sheettersebut.
13
Pengaturan tampilan lembaran
Pengatur tampilan lembar kerja berada di bawah sebelah kanan. Fasilitas ini berguna untuk mengatur tampilan lembar kerja. Ada tiga pilihan tampilan lembar kerja yaitu page break preview, page layout, dan normal.
14
Zoom
Zoom digunakan untuk mengatur perbesaran dan pengecilan tampilan
lembar kerja. Pengatur zoom terletak di bawah sebelah kanan dekat pengatur
tampilan lembar kerja.
15
Penggulung layar
Penggulung layar terletak di sebelah kanan dan bawah halaman kerja. Penggulung layar digunakan untuk menggulung tampilan layar ke atas, ke bawah, ke kiri, atau ke kanan.

Mempelajari Microsoft Excel 2007, Ini Dia Materi Lengkapnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hadhara

0 komentar:

Posting Komentar